riwayat hidup NIKON F6O sampai tangan gw sekarang...




(tulisan 4 tahun lalu yang ditemukan kembali terselip di laptop temen)



pada awalnya kamera NIKON F60 itu punya fotografer profesional di daerah depok, bersama fotografer itu kamera ini telah menghasilkan banyak foto-foto bernilai seni tinggi ---mungkin...., gw cuma mencoba sok tau--- saat itu kamera SLR elektrik yang dah bisa auto focus dan ada menu-menu tambahannya seperi M,A,P dll lagi dalam masa-masa jayanya. ngegeser kamera-kamera analog yang sangat-sangat gak praktis.

tapi kejayaan itu memudar sejak muncul DSLR, setiap fotografer berbondong-bondong memakai DSLR. disinilah menjadi akhir dari kejayaan kamera-kamera yang menggunakan film. padahal dalam kualitas cetakan gambar,belum ada yang mampu menyaingi ketajaman film.

jadi setelah cerita di atas. si fotografer dah ga butuh ma F60 itu. disia-siakanlah itu kamera. teronggok di kamarnya.

di lain tempat. Rinto ---temen gw dulu di seminari yang kuliah di jurusan komunikasi---. ge butuh kamera buat bikin-bikin tugas mata kuliah fotografinya. pertamanya dia mau beli DSLR. tapi waktu itu DSLR masih di atas 7 jutaan. sedangkan budget dya ga sampe sgitu dari bapaknya.

setelah terjadi perjalanan panjang yang berliku-liku penuh rintangan serta cobaan dan godaan bertemulah si rinto ini dengan si fotografer profesional yang menyia-nyiakan F60 itu. setelah terjadi tawar menawar akhirnya si fotografer melepas F60 itu seharga 500rebu saja. padahal sekarang aja, harga F60 second di jogja masi 1,6 juta. gw ga ngerti ini si fotografernya yang bego n ga tau harga. pa si rinto yang jawa ini punya bakat china ngelebih-lebihin gw. setelah itu si Rinto ini punya kamera dan sisa budget yang melimpah. lalu berfoya-foyalah dya sampai jatuh miskin lagi sekarang. seperti kisah si anak hilang dalam alkitab ikira-kira.

waktu terus berlalu. bersama rinto kamera itu tidak banyak menghasilkan karya. dya cuma menggunakan F60 untuk foto-foto tugas kuliah. sisanya tergelatak di lantai kostan yang jarang dipel.

sampai suatu hari dendy ---temen gw di seminari juga--- maen ke kostan rinto. dya ngeliat ntu F60. dya iseng-iseng nyobain ntu kamera. akhirnya dya pinjem ntu kamera buat belajar motret. berhubung rinto lebih tertarik jadi photoshoper daripada fotografer. dan photoshoper butuh gambar dari DSLR maka direlain ntu kamera buat dipinjem, sampe dendy puas pakai.

tepat 1 tahun kamera itu di tangan dendy. nemenin dendy dalam setiap petualangan - petualangannya, menjadi mata ketiganya, mengasah skill , mematangkan naluri, mendokumentasikan event-event. namun, memang sudah suratan takdir kalau F60 harus mengalami takdir yang berulang-ulang. dendy mulai bosen ma F60nya. dya pengen jadi fotografer sekaligus phtoshoper. jadi dengan teganya dia mempoligami F60 dengan saudara kembarnya "D60" sedikit demi sedikit D60 yang notabene digital dan beberapa langkah lebih maju mengambil hati dendy.

kemaren sekitar tanggal 23 desember gw maen ke hum dendy di jakarta , gw ngeliat ntu kamera nganggur. ya sudah semena-mena aja gw pinjem ntu kamera ke dya dengan seizin rinto. dendy juga oke-oke aja ntu F60 gw bawa deh ke jogja. mpe sekarang ntu F60 setia nemenin gw hunting sampe gw bisa dapet NIKON D80 nanti.

doain gw ya supaya bisa dapet NIKON D80 hehhehehe

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bu RT, Our Mother who art in Gang Pertolongan

Kita Masih Terlalu Muda Untuk Mati

kenapa saya keluar seminari ?