recent posts

banner image

Kunjungan ke Teman Lama & Logo Baru


Kunjungan ke teman lama selalu membawa sesuatu yang baru. Itulah yang sering saya alami dan kali ini saya alami lagi. Semenjak 2 tahun lalu  saya rajin pacaran dan rajin mencari duit untuk survive menyelesaikan kuliah, hubungan saya dengan teman-teman main jadi kurang terjaga, dalam arti hampir tidak pernah nonkrong  bareng. Nah, semenjak pacar saya pergi ke Perancis dan sebentar lagi sidang skripsi maka saya kembali menemui teman-teman lama yang tersisa di jogja, mulai teman dari : naik gunung, fotografi, teater, kepanitiaan, teman mabok, dll.

Di suatu sore saya berkunjung ke rumah Jati, seorang teman yang saya kenal dari teman di kos lama, ia bekerja sebagai freelance journalist sekaligus freelance designer. Sebagai seorang teman yang baik ia memperhatikan perkembangan e-magazine yang saya asuh karena saat masa-masa awal pendiriannya ia adalah tempat saya berkonsultasi. Salah satu komentarnya adalah “webmu ngga dinamis, ga enak klo dlihat dari tablet dan HP” dan “logomu itu masih yang lama aja, kurang cocok sama majalahmu”.

Saya tidak menyangkalnya, saya malah mengamininya, saya mengakuinya. Logo web itu saya buat berdasarkan asas darurat. Saat itu, deadline  untuk mendirikan web tersebut semakin dekat karena jadwal proposal  yang pendek. Oleh karena itu, logo tersebut saya buat asal jadi dan tidak pernah saya ubah sampai saat ini. Padahal dari vol.00 sampai vol.08 jumlah terunduh  e-magazine itu rata-rata 2600 kali setiap edisi.

Saya jelaskan padanya kondisi saya yang tidak mengerti desain dan tidak mahir menggunakan toolsnya, seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator. Untuk layout backapckidea yang saya kerjakan sendiri menggunakan Adobe InDesign, yang hasilnya berantakan, saya sudah berpeluh darah untuk mengerjakannya. 

Sekitar dua belas  jam kemudian Jati menyuruh saya membuka e-mail, maka saya segera menaiki onthel tua untuk menuju ke warnet. Saya buka emailnya dan Voila!!! Desain baru untuk logo backpackidea sudah dia buat. Saya sangat suka, desainnya catchy dan futuristic, saya tidak sabar untuk segera memasangnya di e-magazine saya.

Namun, pelajaran yang saya dapat di manajemen pemasaran tiba-tiba muncul di benak. Logo sebagai symbol brand jangan diganti terlalu drastis. Perubahan menuju suatu logo yang benar-benar berbeda membutuhkan step by step yang lebih smooth, supaya konsumen (dalam kasus saya, pembaca) tidak menyadari bahwa logo tersebut berubah seiring waktu. Berdasarkan pemikiran itu, saya sampaikan terima kasih saya namun juga permintaan maaf karena tidak bisa menggunakannya disertai penjelasan logis di atas.

Saya mengayuh sepeda dengan gontai kembali ke kos. Sesampainya di kos, Jati kembali mengirim pesan supaya saya kembali membuka e-mail. Disana sudah muncul logo baru yang lebih keren tapi perubahan dari logo lama ke logo baru ini tidak terlalu drastis. Untuk kedua kalinya, saya berjalan pulang ke kos, tidak lagi gontai, bahkan semangat memenuhi dada. Alhasil saya tidak bisa tidur semalaman.

Terima kasih Jati buat desain logonya…..


Kunjungan ke Teman Lama & Logo Baru Kunjungan ke Teman Lama & Logo Baru Reviewed by agustinriosteris on 20:09 Rating: 5

4 comments:

  1. enak ya bang, kemana2 naik sepeda, saia dulu waktu kuliah kmana2 jalan kaki.. hwaaa nasib..

    Happy 365.. cheeers..

    ReplyDelete
  2. aku suka logonya yang baru. minta stiker donk, buat di mobil lucu.

    ReplyDelete
  3. Bikin apa kek gitu pake logo ini. Trus kirim kesini. Ntr aku jual ke anak2 PPI. lol

    ReplyDelete
  4. waah logo baru.. smngat baru yaa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.